Tag

, , , , , , , , , , , , , , , , , ,


SYEH H MUHAMMAD UMAR BIN ZAINAL ABIDIN_

Syeh H. Muhammad Umar bin Zainal Abidin bin Abdulloh bin H. Muhammad Thamrin

Syeh H. Muhammad Umar bin Zainal Abidin bin Abdulloh bin H. Muhammad Thamrin.
Atau dgn panggilan akrab nama keseharianya Buya Umar.

Lahir pada 15 Juli 1942, di Desa Talang Pangeran, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir Sumatera selatan Indonesia.

Dan menyelesaikan Pendidikan Sekolah Rakyat ( SR ) pada tahun 1956/1957.

Lalu melanjutkan pendidikan di Madrasah Tsanawiyah (Pondok Pesantren) lulus pada tahun 1960, lalu melanjutkan pendidikanya di Madrasah Aliyah Swasta (SMAIS) yang diselesaikan tamatan pada tahun 1962/1963 di Palembang.

Setelah menyelesaikan pendidikan tersebut, pulang ke kampung halaman, dan diminta oleh Uztaz Kiyai Rozali S. Kepala Madrasah Tashiliyah Talang Pangeran Pemulutan untuk menjadi guru bantu MTS dimulai pada hari Rabu tanggal, 3 Agustus 1965 serta mengikuti pengajian orang-orang tua atau di sebut juga dengan istilah Cawisan, yang mempelajari Kitab Nahu Kawakib, dan Kitab Sorop, Kitab Mantek, Kitab Maani, dan Kitab Bayan.

Pada tahun 1970 di angkat menjadi Kepala Sekolah MTS Tashiliyah karena Uztaz Rozali yang pada saat itu sudah lanjut usia.

dan Menikah pada hari Rabu, 4 November 1970 dengan Zahro (lahir di Talang Pangeran, OKI 16 Afril 1948) dan dikaruniai satu orang putra bernama Hifzon (lahir di Palembang, 20 November 1975) dan dua orang putri, bernama Sumarni (lahir di, Palembang 15 November 1980 ) dan Nasithoh (lahir di, Palembang 25 September 1982).

Pada Tahun 1979 di angkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pensiun pada Tahun 2000.

Pada Tahun 1980, di kota Palembang, mengikuti Pengajian atau Cawisan dan memperdalami Ilmu Tasouf atau Tauhid kepada Guru Mursyid Syech Kgs. Abdurrohman bin Muhammad Umar bin Haji Ibrohim Palimbang Darussalam (wafat pada tahun 2002 di kediaman Satu Ilir Palembang).

Adapun Kitab yang dipelajari yaitu Kitab Ad-Durun Nafis pengarang Syech Muhammad Nafis al Banjari. Banjar Masin, Kitab Al-Hikam pengarang Imam Tajudin bin Ato’illah al Iskandariah, Kitab Al-Qur’an, Kitab Hadist Nabawi, dan Kitab Hadist Qudsi.

Pada Tahun 1990 diangkat dan di Sah-kan oleh Guru Besar Syech Kgs. Abdurrohman bin Muhammad Umar bin Haji Ibrohim Palembani Darussalam. Untuk menjadi Guru Torikoh Samaniah yang mengajar di derah-daerah atau di Pedusunan.

Dan pada Tahun 2004 di minta untuk mengajar di daerah kepulauan Batam, dan juga keluar Negeri Singapore dan Malaysia.

Pada Tahun 2006 di dirikanlah Majlis Ta’lim Ummatu Wahidah Samaniah, di Sumatera selatan berpusat di Palembang.

Pada Tahun 2007 diberangkatkan ke tanah Mekah oleh Gubernur Sumatera Selatan.

Kini Buya Umar terus aktif pada Majlis Taklim Ummatu Wahidah, dan kegiatan da’wah Islam di palembang dan juga tetap aktif pada pembinaan masyarakat muslim pedesaan di wilayah Sumatera Selatan.

Dan juga telah berdiri dan aktif, Majlis Taklim Ummatu Wahidah di wilayah Kepulauan Bangka-Belitung yang berpusat di kota pangkalpinang (berdiri pada tahun 2008).

Sekarang Buya Umar tinggal di Palembang, Jln KI. Azhari. Lrg. Siliwangi 5 Ulu Laut No. 412 Rt. 11.
telp/Hp : 0852 6882 1577